Total Tayangan Halaman

Kamis, 11 Maret 2021

Dua puluh ribu rupiah

 


Dengan Rp 20000 kamu bisa beli apa?

Versi saya

- 2 kg beras kelas biasa

- 2 liter pertamax atau 2,5 liter pertalite (bener ya?)

- 1 tabung gas melon-

- 1/2+ kg ayam potong mentah

- 1 kg telur ayam negeri (kadang-kadang)

- Belanja sayur 2 hari => tahu 3000, tempe 10 bungkus 3000, bayam 3000, cabe+ bawang 5000, minyak goreng 1/4 L 3500, kembalian: 2500.

- Atau 2 GB kuota internet (provider tertentu) bisa untuk WFH beberapa hari biar gak nebeng wifi melulu. 


Versi rang-orang Yes

- soto + 1 potong lauk di warung soto papan atas yang kang parkirnya punya gimmick

- 5 potong sosis solo yang bisa habis dilahap seorang diri dalam 5 menit

- sekotak donat merk lokal isi 6 biji (tapi dicela tidak enak ini itunya dibandingkan merk internesyenel di mol)

- satu gelas plastik es kopi susu kekinian yang manisnya kebangetan. Itupun mungkin harus tambah beberapa ribu lagi biar harganya kliatan kewreyn.

- seporsi steak kawe yang kebanyakan tepung tapi di upload buat status wasap karena mamamnya di sebwah food court mol terkemuka murahnya


Versi di suatu petang gerimis...

Dua puluh ribu adalah harga jasa yang saya bayar kepada  mas bengkel waktu itu. Menurut mas bengkel dua puluh ribu terlalu banyak hanya untuk memasang kembali rantai motor yang lepas. Dia pun bermaksud mengembalikan setengah dari dua puluh ribu itu. Tetapi saya tolak karena tanpa kehilangan dua puluh ribu saya pasti harus mendorong motor lebih jauh lagi dan kena charge minimal 7x lipatnya. Padahal saat itu cuma ada tigapuluh ribu di dalam tas. Atau lebih buruk lagi, tanpa kehilangan dua puluh ribu rupiah itu saya harus mendorong motor sejauh 8 km sampai rumah. Untuk mas bengkel dua puluh ribu malam itu mungkin bisa untuk jajan dua anaknya esok pagi atau belanja lauk untuk sehari. Sepuluh ribu yang hendak dia kembalikan mungkin karena terharu melihat saya yang jam segitu masih berkeliaran di bawah gerimis demi nebeng wifi kantor. 


Jadi ketika kamu membelanjakan dua puluh ribu rupiahmu untuk seteguk kopi kekinian atau semangkuk soto kelas atas dan kamu masih menggerutu karena kurang inilah, kurang itulah, ingatlah orang seperti saya atau mas bengkel. Buat kami uang sejumlah itu berarti untuk hidup satu dua hari. Dua puluh ribu bisa untuk menyambung nyawa supaya tetap berkarya.


Tetapi sekali lagi setiap hal ada tempatnya masing-masing. Tidak perlu merasakan hidup jadi kamu, saya, atau mas bengkel seperti reality show busuk di tipi-tipi itu. Cukuplah hidup di jalur masing-masing. Tetapi berhentilah mengumbar cerita apa-apa yang bisa kamu beli dengan uangmu sementara masih suka minta tethering internet.  



(Fueled by kopi sachet & Dragonforce's Valley of the Damned)

Note: harga2 barang di atas hanya berlaku di tempat saya tinggal dan di saat waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar